Kamis, 06 Januari 2011

Media Pengaruhi Piala AFF

Well, seketika para penduduk di Indonesia mulai meloncat untuk mendukung Tim Garuda di ajang AFF 2010 tahun lalu dengan penuh semangat yang luar biasa nggak karuan, itulah yang hanya dapat saya simpulkan pada Piala AFF akhir 2010 lalu. Memang benar prestasi Indonesia meningkat, tetapi ada saja yang mengganjal dalam benak saya. Menurut saya, pengaruh media pada kali ini cukupi besar bila dibandingkan dengan Piala AFF tahun - tahun sebelumnya. Melihat Indonesia meraih Runner - up, menurut saya itu sudah biasa, karena pada Piala AFF, Indonesia memang selalu bertengger di posisi Runner - up. Hanya saja kali ini media menghempaskan berita itu dengan sangat luar biasa dan antusiasme yang tinggi, sehingga mampu mempengaruhi masyarakat sekitar bahkan seluruh penduduk Indonesia. Soalnya saya rasa dukungan penuh penonton pada kali ini merupakan pengaruh dari berita - berita di televisi maupun koran yang dibuat terlalu berlebihan, sehingga membuat orang yang tidak suka sepak bola menjadi suka sepak bola, bisa dibilang orang yang ikut - ikutan atau orang yang mengikuti alur saja. Saya dalam menulis opini tidak bermaksud mengucilkan pihak manapun, tujuan saya hanya ingin mencurahkan isi dan hasil pemikiran akal saya. Karena memang sebenarnya menurut pengakuan bapak saya, media massa maupun elektronik terlalu berlebihan dalam membahas Tim Garuda. Masalahnya, judul berita yang berlebihan tentu saja akan menarik perhatian orang secara maksimal, tetapi pada dasarnya berita itu ialah hanya sebuah beritta biasa. Sehingga pada akhirnya orang - orang mendalami berita tersebut dan langsung tenggelam dalam euforia sepak bola sesuai alur. Tapi memang saya akui, dengan begini secara tidak langsung media massa atau elektronik berperan dalam menumbuhkan sifat nasionalisme penduduk di Indonesia, buktinya banyak warga yang datang dari luar pulau ke Jakarta hanya unutk menonton Final AFF. Memang tujuannya sih baik, tetapi saya cuma ingin sarankan untuk tidak selalu mengheboh - hebohkan sesuatu yang lagi terjadi itu saja. Well, tidak banyak yang dapat saya katakan lagi dan saya minta maaf bila ada keasalahan, terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar