Sabtu, 08 Januari 2011

Review KI Outdoor Minggu Pertama


Permainan  1        : Be My Team
Langkah               :
- Semua  mahasiswa  disuruh  baris menghadap ke panggung, lalu disuruh
tutup mata.
- Lalu, dibagikan kertas undian berisi nama-nama hewan       .
- Kemudian kita berkumpul sesuai nama hewan yang kita dapat.

Hikmah yang didapat    :
-         Melatih kreativitas, karena kita akan menirukan suara hewan, untuk menemukan anggota kelompok yang lainnya, sesuai dengan nama hewan yang kita dapatkan.
-         Melatih konsentrasi, karena kita akan berkonsentrasi untuk menemukan dan mendengarkan mahasiswa lain yang menirukan suara hewan sesuai dengan hewan yang kita dapat.


Permainan  2        : Tangkap Bola
Langkah               :
-         Para mahasiswa berkumpul sesuai kelompok nama hewan, lalu dibimbing oleh kakak senior / asisten untuk membentuk lingkaran.
-         Lalu setelah membentuk lingkaran, kakak senior akan melemparkan bola ke kita, sambil mengenalkan diri kita masing masing

Hikmah yang didapat    :
-         Mengenal cepat satu sama lain, karena kita dapat cepat mengenal satu sama lain dengan cara permainan lempar ini, karena berkenalan dengan teman baru melalui permainan yang seru akan membuat kita cepat dalam mengenal.
-         Melatih kekompakan, karena kita antar mahasiswa harus melemparkan bola ke teman kita yang lain tapi jangan sampai bola terjatuh.


Permainan  3        : Show Off
Langkah               :
-         Para anggota berkumpul jadi satu, lalu menyiapkan yel-yel dan juga spanduk dukungan kelompok
-         Setelah semua siap, lalu kita melakukan latihan kecil
-         Semua persiapan hanya diberikan beberapa menti saja, sekitar 10 menitan.
-         Lalu setelah itu, kita maju ke panggung untuk memamerkan sapnduk dukungan kelompok dan juga yel-yel yang telah kita buat kepada dosen, para senior dan para mahasiswa lainnya.

Hikmah yang didapat    :
-         Melatih kerja sama, karena kita dituntut untuk bekerja secara berkelompok untuk membuat spanduk kelompok dan juga yel-yel tim.
-         Melatih kekompakan, karena dalam memperagakan yel-yel , kita harus benar benar kompak dan rapi dalam melakukan gerakan maupun menyanyikan yel-yel pada saat di panggung.
-         Lebih mengenal sifat satu sama lain, karena dalam hal ini kita dapat mengetahui sifat seseorang yang belum kita kenal, kita dapat melihat sifat tersebut dari bagaimana orang tersebut dalam bekerja maupun bagaimana cara orang itu dalam mengusulkan aspirasinya maupun memimpin kelompoknya.
-         Melatih kreativitas, karena kita dituntut untuk menciptakan spanduk kelompok dan yel-yel sekreatif mungkin , bahkan kita juga harus bisa membuat yel-yel yang mampu membuat orang tertawa dan tertarik.


Permainan  4        : Scavenger Hunt
Langkah                :
-         Kita kembali disuruh berbaris menghadap panggung.
-         Lalu kita diberi kertas yang berisi kolom- kolom biodata.
-         Setelah itu, kita disuruh untuk mengisi kolom tersebut dengan cara menanyakan biodata  ke mahasiswa lain, baik cewek maupun cowok.
-         Kita hanya diberi waktu 10 menit.

Hikmah yang didapat    :
-         Mengenal banyak teman baru, karena kita dituntut untuk mengisi kolom biodata tersebut, maka dari itu dengan bertanya, maka kita juga secara langsung telah mengenal teman baru.
-         Melatih keberanian, karena kita juga harus berani dalam berkenalan dengan teman perempuan yang baru, jangan tambah takut  untuk berkenalan dengan teman perempuan baru belum kita kenal.
-         Melatih memanfaatkan waktu, karena kita harus mengisi kolom biodata dan berkenalan dengan banyak teman baru, tetapi dengan waktu yang terbatas, maka dari itu kita harus bisa menetapkan berapa waktu minimal yang dibutuhkan untuk berkenalan dengan satu teman yang baru, agar kita mampu memanfaatkan waktu seefektif mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar